Tutup Menu

Hello!

Apa yang ingin Anda cari?

Pengertian Pasar Modal dan Jenis-jenis Instrumennya
NEWS

Pengertian Pasar Modal dan Jenis-jenis Instrumennya

15 Jul 2023
Share:

''

Saat berbincang mengenai topik “investasi”, investasi Emas tentunya sudah menjadi “top of mind” di kalangan masyarakat luas. Namun, bagi Sobat Mulia yang ingin memperoleh keuntungan tinggi, pertumbuhan logam mulia mungkin terasa cenderung lambat, dikarenakan emas cocok untuk jangka menengah atau panjang. Bagi Sobat Mulia yang menginginkan imbal hasil yang lebih tinggi dari investasi yang dilakukan serta dalam jangka waktu pendek, tentunya harus siap memilih investasi dengan skala risiko yang lebih tinggi atau high risk high return. Salah satu contoh investasi high risk namun dengan imbal hasil tinggi adalah pasar modal. Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengertian pasar modal dan jenis-jenis instrumen yang dimilikinya.

Pengertian Pasar Modal

Mungkin, istilah pasar modal terdengar kurang akrab di telinga. Pengertian pasar modal adalah sebuah sarana atau wadah yang di dalamnya menampung aktivitas jual-beli saham yang dilakukan oleh perusahaan dan pemerintah. Pasar modal juga memiliki sebutan lain yaitu bursa efek. Di dalam pasar modal ini memuat berbagai macam kegiatan jual-beli surat-surat berharga seperti surat pengakuan utang (obligasi), saham, ekuitas, dan lain sebagainya yang diterbitkan baik oleh pemerintah maupun perusahaan. Pasar modal dirancang dan diatur secara terorganisir untuk mendukung aktivitas perdagangan instrumen keuangan berjangka panjang.

Para Pelaku Pasar Modal

Seperti yang telah diulas sebelumnya, pasar modal adalah tempat bertemunya perusahaan dan lembaga pemerintah yang melakukan kegiatan jual-beli surat berharga untuk keperluan keuangan jangka panjang. Para pelaku utama atau yang sering dikenal dengan investor. Investor adalah individu atau entitas (seperti perusahaan atau reksa dana) yang menyediakan modal dengan harapan imbalan finansial. Saat berinvestasi, investor mengandalkan berbagai instrumen keuangan untuk menghasilkan pengembalian dan mencapai tujuan keuangan mereka. Berikut adalah para pelaku utama atau investor yang menjalankan transaksi di pasar modal:

Emiten: Emiten adalah perusahaan yang menawarkan sekuritas dengan tujuan untuk mengumpulkan dana dari investor. Emiten bisa menerbitkan emisi dalam bentuk saham maupun obligasi

Penjamin Emisi: Penjamin emisi atau underwriter merupakan pihak lembaga yang menjamin emisi yang diterbitkan emiten laku terjual dalam kurun waktu yang ditetapkan. Tentunya, mereka juga menjanjikan hasil penjualan obligasi atau saham yang sesuai dengan keinginan emiten.

Pialang (broker): Pialang atau broker adalah pihak perantara yang menghubungkan pihak emtien dengan pihak investor dalam aktivitas jual-beli di dalam bursa efek

Agen penjualan: Agen penjualan adalah pihak yang menjual efek (saham atau obligasi) dari pihak perusahaan yang akan diluncurkan secara go public tanpa adanya kontrak dengan emiten.

Jenis Instrumen Investasi di Dalam Pasar Modal

Di dalam pasar modal, perusahaan maupun lembaga pemerintahan melakukan aktivitas jual-beli instrumen keuangan yang digunakan sebagai investasi berjangka panjang. Instrumen-instrumen investasi yang terdapat di dalam pasar modal tersebut adalah:

Saham: Saham merupakan jenis surat berharga yang menjadi bukti atas kepemilikan sebuah perusahaan. Seorang investor yang membeli saham sebuah perusahaan secara otomatis berhak untuk memperoleh pembagian laba yang didapatkan perusahaan tersebut

Reksadana: Reksadana merupakan salah satu jenis instrumen investasi risiko rendah yang bisa Sobat Mulia temukan di dalam pasar modal. Sebagai pelaku investor reksadana, Sobat Mulia hanya perlu mengalirkan dana untuk dikelola oleh manajer investasi. Manajer investasi inilah yang akan terjun ke pasar modal untuk menemukan jenis saham, obligasi maupun efek lainnya

Obligasi: Obligasi atau surat utang merupakan jenis surat berharga yang bisa diperjualbelikan. Apabila Anda membeli surat obligasi tersebut maka Sobat Mulia dapat memperoleh pelunasan utang beserta bunga yang dibayarkan oleh debitur yang menerbitkan surat tersebut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian pasar modal dan jenis-jenis instrumen investasi di dalamnya. Memang banyak pilihan, sehingga Anda harus benar-benar mengetahui setiap jenis investasi yang ada di pasar modal, sehingga risiko serta imbal hasilnya sudah dapat diukur dan dimitigasi oleh Anda. Catatan penting ialah walaupun menawarkan keuntungan yang sangat menggiurkan, namun risiko yang ditawarkan juga lebih beragam dan harus diperhatikan dari profil risiko Anda. Apabila Sobat Mulia ingin menjaga nilai harta selama masa resesi atau untuk mengamankan asset harta Anda, maka investasi Emas jauh lebih direkomendasikan karena sudah teruji untuk menjaga nilai harta yang Anda miliki. Untuk berinvestasi Emas pun langkah yang perlu dilakukan juga sangat sederhana dan mudah, yakni Sobat Mulia hanya perlu mengunjungi BELM terdekat atau dengan membeli Emas secara daring melalui website resmi www.logammulia.com.

Bagi Sobat Mulia yang membutuhkan informasi seputar ANTAM LM bisa langsung menghubungi Call Center di nomor 0804-1-888-888. Serta Anda juga bisa mengirimkan pertanyaan ke email [email protected]. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan layanan pelanggan ALMIRA yaitu asisten virtual yang bisa dijangkau melalui aplikasi Whatsapp dengan menghubungi nomor 0811-1002-002 (chat only).

Berita dan Promo

Semua informasi terkini, kegiatan, promo dan penawaran menarik lainnya dari ANTAM Logam Mulia.