Tutup Menu

Hello!

Apa yang ingin Anda cari?

Ternyata Harga Emas Dunia Dipengaruhi Oleh Ini
NEWS

Ternyata Harga Emas Dunia Dipengaruhi Oleh Ini

09 Dec 2022
Share:

''

Bagi Anda yang memiliki impian untuk diwujudkan dalam jangka waktu 5-10 tahun, sudah seharusnya saat ini melirik investasi Emas. Dibandingkan jenis-jenis investasi lainnya, investasi Emas memang lebih rendah resiko namun tetap bisa memberikan keuntungan dan membuat Anda lebih tenang. Ketika Anda sudah investasi Emas, maka sangat dianjurkan Anda mengikuti perkembangan harga Emas dunia. Informasi buat kalian sobat mulia,yang mungkin bertanya-tanya harga Emas ANTAM LM itu gimana sih penentuan harga nya? Nah, salah satunya ialah mengikuti pergerakan harga emas dunia yang dikonversi ke dalam nilai mata uang rupiah.

Screen-Shot-2022-07-31-at-18-04-05

Sebagai contoh, bisa Anda lihat diatas pada grafik harga Emas di website resmi ANTAM LM www.logammulia.com . Dari grafik tersebut, terlihat harga Emas mengalami kenaikan dari tahun 2013 ke tahun 2022. Apa saja kira-kira yang mempengaruhi pergerakan harga Emas. Perubahan harga Emas dunia bersifat fluktuatif dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yuk, simak penjelasannya berikut.

Ketidakpastian Kondisi Global

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perubahan harga Emas dunia adalah ketidakpastian kondisi global. Kondisi global ini bermacam-macam, mulai dari kondisi ekonomi, geopolitik, krisis perang maupun resesi ekonomi. Di dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu (akibat perang, ketidakstabilan politik, maupun resesi ekonomi), sentimen untuk menghindari risiko akan melingkupi market dan pelaku pasar akan cenderung mengalihhkan portofolio ke aset safe haven seperti Emas.

Berbeda dari mata uang yang cenderung melemah, nilai Emas dalam kondisi politik dan ekonomi dunia yang tidak menentu justru mengalami peningkatan. Sehingga, tak mengherankan jika Emas merupakan salah satu aset yang bersifat sebagai safe haven atau mampu melindungi nilai dan juga minim risiko.

Tren meningkatnya harga Emas juga terlihat dari berhembusnya isu prediksi resesi ekonomi global yang terjadi di tahun 2023 sebagai dampak pandemi COVID-19 dan perang antara Rusia dan Ukraina.

Penawaran dan Permintaan Emas

Faktor lainnya yang mempengaruhi naik-turunnya harga Emas adalah penawaran dan permintaan Emas. Tidak hanya untuk produk komoditi kebutuhan sehari-hari, hukum penawaran dan permintaan (supply and demand) juga berlaku untuk komoditi Emas. Harga Emas akan naik seiring dengan kenaikan angka permintaan (demand). Sebaliknya, harga Emas akan menurun apabila jumlah penawaran (supply) lebih tinggi dibandingkan angka permintaan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena, berbeda dari mata uang yang akan cenderung kehilangan nilai saat jumlah penawaran meningkat, nilai Emas tergolong lebih stabil. Jumlah supply akan Emas akan terus meningkat seiring dengan kenaikan angka permintaan. Karena, komoditi Emas tidak hanya digunakan untuk instrument investasi saja, namun Logam mulia juga diolah menjadi perhiasan maupun sebagai salah satu komposisi produk elektronik dan lain sebagainya.

Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter yang dibuat oleh Bank sentral Amerika Serikat atau The Fed juga menjadi faktor penyebab naik-turunnya harga Emas. Dalam hal ini, kebijakan yang berpengaruh adalah keputusan bank sentral untuk menaikkan maupun menurunkan suku bunga. Apabila The Fed menetapkan penurunan suku bunga, maka bisa dipastikan harga Emas akan naik. Karena, suku bunga yang turun membuat mata uang dolar menjadi kurang menarik. Sehingga, kebanyakan orang akan langsung beralih ke investasi Emas untuk menempatkan uangnya. Dengan demikian, nilai harta mereka tidak akan ikut mengalami penurunan nilai.

Inflasi

Inflasi juga bisa menjadi penyebab yang mempengaruhi naik-turunnya harga Emas. Inflasi mengakibatkan nilai mata uang menjadi menurun. Sehingga, hal ini berpengaruh terhadap nilai tabungan uang yang tersimpan di dalam rekening bank Anda. Inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk berinvestasi dalam bentuk Emas yang memiliki nilai lebih stabil dibandingkan nilai mata uang.

Nilai Tukar Dolar Amerika Serikat

Sobat Mulia juga bisa menjadikan nilai tukar dolar Amerika Serikat sebagai patokan naik-turunnya harga emas dunia. Sehingga jika kamu ingin mengetahui harga emas dunia dalam mata uang rupiah maka kamu perlu memperhatikan konvesi nilai mata uang Dolar (USD) ke mata uang Rupiah (Rp). Apabila nilai mata uang Rupiah melemah terhadap Dolar, maka harga Emas dalam negeri akan menguat. Sebaliknya, harga Emas dalam negeri akan menurun apabila nilai tukar Rupiah justru menguat.

Sama seperti produk Emas lainnya di tanah air, harga Emas ANTAM LM juga dipengaruhi oleh faktor-faktor di atas. Sehingga, ada baiknya Sobat Mulia rajin memantau harga Emas hari ini untuk mengetahui perkembangan harga Emas terkini. Apabila Anda tertarik untuk melakukan pembelian Emas ANTAM LM bisa mengunjungi tautan linktree atau situs resmi Logam Mulia. Anda juga bisa menghubungi Call Center 0804-1-888-888 atau mengirimkan email ke [email protected] untuk mengetahui lebih banyak informasi seputar produk Emas ANTAM LM.

Sumber: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10520

Berita dan Promo

Semua informasi terkini, kegiatan, promo dan penawaran menarik lainnya dari ANTAM Logam Mulia.