Tutup Menu

Hello!

Apa yang ingin Anda cari?

Nilai Mata Uang Dollar, Rupiah, dan Pengaruhnya Terhadap Harga Emas
NEWS

Nilai Mata Uang Dollar, Rupiah, dan Pengaruhnya Terhadap Harga Emas

27 Jun 2023
Share:

''

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat digemari oleh masyarakat luas. Banyak orang mengalihkan sebagian harta kekayaannya ke dalam bentuk Emas karena sifatnya yang tahan terhadap inflasi. Bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi Emas memang sangat disarankan untuk menyimak perkembangan harga Emas setiap hari. Harga Emas memang bersifat fluktuatif dan berubah-ubah, namun secara garis besar nilai dari Emas tetap meningkat. Perubahan harga Emas ini ternyata dipengaruhi oleh mata uang dolar Amerika. Bahkan, harga Emas lokal dan harga mata uang Rupiah juga berpatokan pada perubahan nilai dari mata uang dolar. Ingin tahu hubungan antara nilai mata uang dollar, rupiah, dan pengaruhnya terhadap harga Emas.

Hubungan antara Nilai Tukar Mata Uang Dolar AS dengan Harga Emas

Seperti yang sudah ditegaskan sebelumnya, harga Emas terus-menerus mengalami perubahan. Sebagai contoh, menurut situs resmi Logam Mulia, Emas ANTAM LM mengalami peningkatan harga sebesar Rp6.000 menjadi Rp1.078.000 per gram pada tanggal 31 Maret 2023 dari hari sebelumnya. Pergerakan harga Emas ANTAM LM dan logam mulia lainnya di Indonesia sebenarnya dipengaruhi oleh harga Emas dunia.

Di sisi lain, perubahan harga Emas dunia juga terpengaruh dengan nilai tukar mata uang Dollar Amerika Serikat (USD). Mengetahui pengaruh dari mata uang Dollar Amerika Serikat terhadap harga Emas tentunya sangat penting apabila Sobat Mulia berniat untuk berinvestasi Emas. Dengan demikian, Anda juga bisa menentukan langkah investasi yang tepat.

Pada dasarnya, harga Emas dan dollar AS memang memiliki korelasi yang negatif, atau saling berlawanan. Misalnya, saat Bank Sentral Amerika mengeluarkan kebijakan mengenai suku bunga yang memperkuat mata uang dollar, maka secara otomatis harga Emas dunia, termasuk Emas lokal akan menurun. Sebaliknya, apabila harga dollar Amerika Serikat melemah, maka harga Emas justru akan melonjak.

Hal ini merupakan efek dari keputusan Gold Standard atau Standar Emas yang pertama kali digunakan oleh Inggris Raya pada tahun 1717. Keputusan tersebut sebenarnya sudah tidak lagi berlaku sejak tahun 1971. Artinya, hubungan antara harga Emas dengan dolar Amerika sebenarnya sudah tidak ada, dan keduanya memiliki nilai supply dan demand yang berbeda. Namun, hal tersebut memang memunculkan efek psikologis yang tidak bisa disangkal. Beberapa penyebab dari korelasi negatif antara harga Emas dengan nilai tukar dollar Amerika adalah:

  • Saat nilai mata uang dollar AS turun, maka secara otomatis nilai mata uang lainnya akan meningkat. Hal ini akan memunculkan gairah pasar yang terlihat dari peningkatan permintaan berbagai macam komoditas. Salah satunya adalah logam mulia Emas. Tingginya angka permintaan terhadap Emas inilah yang membuat harga logam mulia ini ikut meningkat.
  • Saat mata uang dollar AS menurun, maka secara otomatis ia akan kehilangan nilainya. Hal inilah yang membuat banyak golongan berbondong-bondong beralih ke instrumen investasi lainnya yang memberikan keuntungan. Salah satunya, adalah investasi Emas. Emas memang dianggap sebagai instrumen investasi alternatif yang sangat efektif untuk mempertahankan nilai kekayaan. Terutama, saat resesi ekonomi melanda.

Hubungan Antara Mata Uang Dollar, Rupiah, dan Pengaruhnya Terhadap Harga Emas

Di tanah air, tren kenaikan dan penurunan harga Emas lokal ternyata juga dipengaruhi oleh kestabilan nilai mata uang dollar. Hal ini disebabkan karena harga logam mulia di dalam negeri mengacu pada harga Emas internasional yang menggunakan mata uang dollar yang dikonversikan ke dalam mata uang Rupiah. Pergerakan mata uang Rupiah terhadap dollar AS menjadi penentu dari naik-turunnya harga Emas lokal, termasuk Emas ANTAM LM. Misalnya, apabila mata uang Rupiah melemah, maka harga Emas dalam negeri justru akan menguat. Sebaliknya, harga Emas di dalam negeri akan turun apabila mata uang Rupiah menguat terhadap dollar.

Demikianlah ulasan singkat dan menarik mengenai korelasi antara nilai mata uang dollar, rupiah, dan pengaruhnya terhadap harga Emas. Setelah memahami topik ini, tentunya Anda akan semakin bijak dan dapat memaksimalkan keuntungan dari investasi Emas ANTAM LM. Berdasarkan situs resmi Logam Mulia, Emas ANTAM LM mengalami penguatan yang cukup menjanjikan. Ini menjadi momen yang tepat bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi Emas.

Pembelian Emas ANTAM LM bisa dilakukan dengan mudah dengan datang langsung ke gerai BELM terdekat di kota Anda. Atau, Anda juga bisa membeli produk Emas ANTAM LM secara online melalui Linktree Logam Mulia. Apabila Sobat Mulia membutuhkan pertanyaan atau bantuan seputar produk dan transaksi Emas ANTAM LM, Anda dapat menghubungi Call Center 0804-1-888-888, layanan Whatsapp Pelanggan ALMIRA (ANTAM LM Virtual Assistant) 0811-1002-002 (chat only),. atau melalui email di [email protected]

Berita dan Promo

Semua informasi terkini, kegiatan, promo dan penawaran menarik lainnya dari ANTAM Logam Mulia.