Tutup Menu

Hello!

Apa yang ingin Anda cari?

Millenial melek Emas
EDUKASI

Millenial melek Emas

01 Apr 2019
Share:

Generasi millennial atau gen Y merupakan populasi terbesar dan paling berpengaruh saat ini. Generasi millennial adalah mereka yang lahir pada tahun 1980 – 2000. Perilaku, harapan dan selera millennial sangat berbeda dengan orang tua mereka, termasuk dalam perencanaan investasi.

Orang tua mereka yang kebanyakan dari angkatan baby boomer lebih siap dan mawas dengan investasi. Sebaliknya bagi generasi millennial, lifestyle dan fashion jauh lebih menarik dari pada investasi. Bahkan banyak generasi millenial yang tidak mempunyai tabungan dan mengandalkan penghasilan untuk membayar hutang kartu kredit. Kondisinya mungkin tidak jauh berbeda dengan kaum millennial di negara yang biaya pendidikannya tinggi, dimana first jobber harus berjuang untuk melunasi pinjaman mahasiswa. Selain cicilan kartu kredit, rumah dan mobil adalah prioritas utama mereka sebelum melakukan investasi.

Generasi millennial adalah tech-savvy, dan mereka sangat tertarik dengan cryptocurrency dibandingkan dengan investasi lain yang lebih proven. Alasan lain mereka menyukai cryptocurrency adalah karena mereka tidak menyukai apa yang terjadi dengan mata uang sepanjang kurun waktu (anti fiat). Di samping itu, mereka juga ikut menyaksikan bagaimana pasar saham kolaps pada tahun 2008.

Namun generasi millennial tidak hanya konsumtif, sisi positifnya mereka lebih open minded dan mempunya rasa percaya diri yang tinggi. Mereka berani memulai bisnis di usia yang sangat belia dan menciptakan star-up kelas dunia. Di luar itu, bagi mereka investasi tidak hanya sekedar menghasilkan uang, tetapi juga harus berdampak, baik terhadap lingkungan maupun sosial, salah satunya melalui gerakan crowd founding.

Emas di mata Millenial

Gerakan melek emas di kalangan millennial masih minim. Menurut analis, bukan karena kinerja emas yang menurun. Namun karena kurangnya daya pikat emas terhadap generasi milenial dan dianggap old school. Generasi millennial tidak mempunyai modal berlebih dan beranggapan investasi emas batangan adalah suatu “kemewahan”.

Bagi generasi millennial yang suka spekulasi dengan tingkat eksposur risiko tinggi, sebenarnya emas adalah pilihan yang tepat. Emas mempunyai sejarah panjang dan terbukti sebagai pelindung nilai terbaik. Tantangannya adalah bagaimana membuat emas ini menjadi lebih seksi di mana generasi Y. Kuncinya di depan mata, yaitu memadukan investasi emas dengan teknologi. Untuk itu Antam hadir dengan produk BRANKAS (Berencana Aman Kelola Emas) sebagai solusi bagi kaum milenial dalam kepemilikan emas tanpa ribet dan kuatir akan risiko hilang. Cukup dengan 1 gram emas yang setara dengan Rp 660 ribu saja. Suatu “kemewahan” yang terjangkau buat kantong millennial. Kenapa tidak mulai dari sekarang menyelipkan beberapa “blik-blink” yang mempunyai nilai intrinsik ke dalam wallet kita? (NT)

Berita dan Promo

Semua informasi terkini, kegiatan, promo dan penawaran menarik lainnya dari ANTAM Logam Mulia.